Jumat, 05 November 2010

Digitasi Peta Dengan Mapinfo

Dijitasi peta ( map info tutorial )

DIGITASI PETA
KONSEP-KONSEP DIGITASI
Program MapInfo dapat mengenal beberapa jenis file yang dibuat dengan program software lainnya, antara lain:
1. Microsoft Access Database (*.mdb)
2. dBase (*.DBF)
3. Lotus 1-2-3 (*.wk, *.wks, *wk1, *.wk2, *.wk3, *.wk4)
4 Microsoft Excel (*.xls)
5 Workspace (*.wor)
6 Raster Image (*.bmp, *.gif, *.jpeg, *.tiff)
7 ESRI (R) shapefile (*.shp) hanya bisa langsung dibuka pada MapInfo 7, versi sebelumnya harus diconvert dulu di ArcView
8 Delimited ASCII (*.text)
• (* = nama file)
.
Dengan demikian, pengolahan data grafis pada MapInfo dapat diintegrasikan dengan data yang telah dibuat dengan program perangkat lunak (software) komputer lainnya. Ketika MapInfo membuka file yang dikerjakan dengan format lain, program ini otomatis akan membuat file (pada MapInfo dinamakan Table) baru dengan akhiran *.tab. Jika sebuah file non-MapInfo telah dibuka sebelumnya dan ditutup, maka ketika membuka file itu lagi
Akan muncul pertanyaan bahwa file sudah ada (file already exists) dan apakah akan di overwrite atau tidak.
Menu perintah yang ada pada program MapInfo, terdiri atas :
• File: digunakan untuk membuka, menutup Table, Workspace, Save dan Copy Table as, Save Query, Save Workspace, Page setup, Print atau Run MapBasic Program
• Edit: Menu Edit didunakan untuk undo, copy, paste, cut, clear, clear map objects only, reshape dan get info
• Tools: Merupakan menu untuk mempermudah proses digitasi, entri data dan analisis data.
• Objects: merupakan menu yang berhubungan dengan objects yang dibuat dalam program MapInfo
• Query: merupakan menu perintah untuk mendapatkan, memilih data serta melakukan analisis statistika dari data yang ada pada basisdata.
• Table: Menu untuk melakukan update colomn, row, Geocode, create points, import dan export file, maintenance dan manipulasi data raster
• Options: menu perintah untuk manipulasi style dari line, region, simbol, text, serta toolbars dll.
• Map: merupakan menu utama dalam pengelolaan Layer control, pembuatan peta 3 D, peta tematik, memodifikasi peta tematik, membuat legenda peta, merobah tampilan dan skala peta, menyimpan dan menghapus cosmetics layer dan object, seting digitizer, region dan option
• Window: merupakan menu untuk mengelola penampilan jendela kerja
• Help: menu pertolongan untuk lebih memahami referensi fungsi-fungsi dalam program MapInfo.
Sedangkan icon yang terdapat dalam toolbars, biasanya diset secara ‘default’ floating di sebelah kanan atau kiri windows dan bisa dipindahkan ke window sebelah atas dengan cara: klik options pada menu, pilih toolbars dan tandai kotak show serta save secara default atau dihilangkan.
Menu shortcut toolbars terdiri dari: (1) standar, (2) main, (3) drawing dan (4) tools seperti terlihat dalam Gambar 14. Menu shortcut icon standar mempunyai fungsi untuk membuat file baru (new), membuka table (open), menyimpan (save), mencetak (print), memotong (cut), copy, paste, undo, membuat: peta baru (new mapper), grafik baru (new grapher), layout baru, new redistricter new browser dan help.
Icon main berguna untuk mengedit peta dan terdiri atas: select (tanda panah) untuk memilih object yang akan atau telah dibuat untuk analisis dan mengedit sebuah peta, layout atau browser, marquee, radius, boundary, zoom-in, zoom-out, change view, grabber, info, label, layer control, ruler, legend, assign select objects, set target district from map, drag map window, clip region on dan set clip region. Fungsi-fungsi icon ini yang lengkap dapat dibaca di dalam file help menu (Gambar 15).
Digitasi Peta (Drawing)
Sebelum mulai digitasi, perlu diketahui ‘icon’ untuk digitasi yaitu dari toolbars drawing (Menggambar) dibawah ini.
Draw symbol digunakan untuk membuat simbol-simbol pada peta: seperto arah mata angin (tanda panah keatas untuk arah Utara), gambar segitiga untuk gunung, mesjid, tempat rekreasi dll.
Draw line: digunakan untuk digitasi garis yang menghubungi 2 titik
Draw polyline: digitasi garis yang menghubungi banyak titik, gunanya untuk membuat batas administrasi, sungai, jalan dll.
Draw polygon: digitasi area dengan bentuk bebas, yang mempunyai satu kesamaan data
Draw Reshape: memperbaiki bentuk polygon atau polyline yang telah dibuat
Draw Arc: digitasi garis lengkung
Draw Frame: digitasi bingkai (baru aktif dalam keadaan membuat layout peta)
Line style: merobah tampilan garish
Polygon style: merobah tampilan polygon
Catatan:
Setelah selesai membuat satu jenis layer misal: garis batas, garis sungai, jalan, polygon dll, sebaiknya disimpan dalam sebuah table / file baru, agar data spasial tersusun dan terstuktur dengan rapi. Adapun data yang berbentuk text juga dipisahkan dalam table tersendiri. Disarankan untuk membuat nama table yang mudah dimengerti dan sesuai dengan data yang dibuat. Contoh: Sumbar_line.tab : ini adalah file yang berisikan data garis batas: Sumbar_polykab.tab : untuk file polygon dari satu kabupaten.
Jika dalam pembuatan polygon ataupun polyline terdapat kesalahan, maka dapat dilakukan perbaikan dengan cara: klik tanda panah (pointer), klik objek yang akan diedit, klik icon reshape, akan muncul titik-titik yang banyak didalam polygon/polyline, kemudian dapat dilakukan perbaikan dengan cara menarik garis atau titik yang melenceng itu kearah yang benar. Dalam melakukan reshape, dapat ditambahkan titik-titik digitasi baru dengan cara klik icon add node dan arahkan mouse ke tempat yang diinginkan, ini untuk mempermudah proses reshape.
Untuk merubah tampilan garis, polygon, simbol, text dll, dapat dilakukan dengan klik icon style.
Data dan Informasi Geografi
SIG dapat mengumpulkan dan menyimpan data dan informasi yang diperlukan baik secara tidak langsung dengan cara mentransfer dari perangkat lunak SIG yang lain maupun secara langsung dengan cara mendijitasi data spasialnya dari peta dan memasukkan data atributnya dari tabel-tabel dan laporan dengan menggunakan keyboard.
Secara garis besar ada 3 macam data dalam SIG yaitu:
1. Data Grafis
Data grafis terbagi lagi menjadi (1) data raster adalah semua data digital yang didapatkan dari hasil scanning dan belum dalam format vector, (2) data digital adalah data yang didapat dari hasil digitasi yang telah dilengkapi dengan teks dan data-data atribut lainnya.
2. Data Tabular
Data tabular adalah data-data selain data grafis, yang berupa data pendukung berupa teks, angka, simbol dan lain-lainnya.
3. Data Vektor
Data vektor adalah data-data digital yang telah memiliki referensi koordinat x dan y dan telah dilengkapi dengan data atau informasi objek.
4. Manajemen
Suatu pekerjaan SIG akan berhasil jika di kelola dan di-manage dengan baik dan dikerjakan oleh orang-orang yang memiliki keahlian yang tepat pada semua tingkatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar